Atasi Problem Lupa Password Gmail Lewat Cara Jitu Ini

Email adalah akun penting yang sangat disayangkan jika sampai gagal diakses lagi karena lupa password. Salah satu akun email yang sering diakses adalah Gmail. Jika Anda punya akun email dari Gmail dan ternyata lupa password, Anda dapat mengatasi persoalan tersebut dengan beberapa pilihan metode sebagai berikut.

  • Recovery Lewat Nomor Telepon

Bagaimanapun juga, Anda harus pastikan mempunyai nomor telepon yang benar-benar aktif untuk mendukung berbagai kebutuhan. Selain untuk data pribadi yang penting, nomor telepon yang masih aktif sangat berguna untuk recovery akun Gmail yang gagal akses karena lupa sandi. Bagaimana caranya?

Pada halaman pertama saat login, Anda diminta menuliskan alamat email sekaligus password. Jika lupa password, klik “lupa sandi atau forgot password.” Setelah itu, Gmail akan meminta Anda memasukkan sandi terakhir yang diingat. Jika benar-benar lupa, klik “coba cara lain” atau tulisan sepadan lainnya berwarna biru muda di sebelah kiri bawah box dialog.

Setelah tulisan tersebut dipilih, Gmail akan memberikan banyak pilihan untuk mengembalikan akun. Di antara beberapa opsi yang ditampilkan, terdapat cara pemulihan akun lewat nomor telepon. Cara ini sangat akurat dan simpel. Anda bisa memilih opsi tersebut dan menuliskan nomor telepon, kemudian klik “berikutnya.”

Tunggu beberapa saat dan Anda akan menerima kode pemulihan akun lewat SMS. Berikutnya, langsung saja masukkan kode pemulihan akun tersebut ke laman pemulihan akun Gmail. Setelah itu, Anda dapat menuliskan password baru yang sudah disusun. Cobalah untuk login dan akhirnya akun Gmail Anda bisa diakses kembali.

  • Email Recovery

Nomor telepon bukan satu-satunya cara untuk mengembalikan akun Gmail yang gagal akses karena lupa password. Cara berikutnya adalah email recovery. Anda dapat memulihkan akses akun Gmail dengan mengganti password melalui akun email yang lain. Jika Anda mempunyai alamat email lainnya, maka bisa menggunakannya sebagai cara pengiriman kode penggantian password.

Cara awalnya memang sama seperti sebelumnya yaitu dengan memilih opsi “lupa sandi.” Berikutnya, Anda dapat memilih opsi pemulihan akun melalui email. Masukkanlah alamat email Anda yang lain dan pastikan email tersebut benar-benar masih aktif dengan password yang masih diingat. Untuk memastikan keaktifan alamat email tersebut, Anda bisa coba login di akun tersebut.

Setelah mempunyai satu alamat email yang aktif dan bisa dibuka, Anda masukkan alamat email tersebut. setelah berhasil, tunggu sebentar dan Anda akan mendapatkan inbox atau pesan masuk. Isinya berupa kode pemulihan akun dengan cara ganti password. Anda bisa memasukkan kode tersebut di laman pemulihan akun dan tuliskan password baru di kolom yang tersedia.

  • Menjawab Pertanyaan Keamanan

Cara ketiga yang perlu dilakukan jika tidak bisa menggunakan kedua cara di atas atau ingin cara lain yang lebih simpel, Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan. Password akun Gmail yang lupa tidak akan menjadi masalah lagi.

Anda akan dapat mengakses ulang akun tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan Gmail untuk meyakinkan bahwa Anda memang benar-benar pemilik asli dari akun tersebut. Akan tetapi, cara ini hanya dapat digunakan oleh Anda yang sudah pernah melakukan pengisian pertanyaan utama saat membuat akun Gmail di awal.

Nantinya, Gmail akan menyesuaikan antara jawaban saat dulu Anda pertama kali membuat akun dan jawaban pada saat sekarang ingin meminta akses akun Gmail kembali. Jika belum pernah mendata pertanyaan tersebut, lakukan cara pemulihan akun dengan mengganti password lewat cara 1 dan 2.

Itulah berbagai cara jitu untuk mengatasi kegagalan akses akun Gmail karena lupa password. Anda bisa pilih cara yang paling sesuai dan efektif menurut pendapat pribadi. Semua cara bisa dicoba juga, sehingga akun Gmail Anda bisa terselamatkan. Setelah melakukan penggantian password, usahakan agar tidak lupa lagi dan tetap dapat mengakses akun dengan nyaman setiap saat.

Tinggalkan Balasan